Rabu, 01 Februari 2017

Setting DHCP Unifi AP PRO - LR

Hai, kawan semua. Pada kesempatan ini saya akan berbagi dokumentasi cara men-setting Unifi AP PRO agar dapat memancarkan wifi dan dengan IP DHCP dari router DHCP server. Secara singkatnya AP ini hanya memancarkan wifi saja, yang membagi-bagi IP ialah router.

Tools dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya:

  1. Unifi Controller. Anda dapat mengunduhnya di link ini. Saya menggunakan versi 4.8x.
  2. Kabel UTP 2 buah dengan panjang menyesuaikan.
  3. Laptop atau PC
  4. AP Unifi
Baik, langsung saja langkah-langkahnya sebagai berikut:



  1. Saya asumsikan temen-temen sudah install Unifi Controller dan sudah mengkonfigurasi username dan password controller.
  2. Hubungkan AP ke adapter POE dan hubungkan LAN ke laptop.
  3. Unifi (secara default) memiliki IP 192.168.1.20/24. Kita harus mengkonfigurasi IP pada laptop atau PC dengan IP yang satu segmen dengan IP Unifi. Misal 192.168.1.22
  4. Unifi Controller dibuka kemudian klik 'Launch a browser to manage the network'
  5. Username dan password controller dimasukkan sesuai konfigurasi awal pada saat menginstall controller
  6. Setelah berhasil masuk akan masuk ke halaman dasboard controller. Menu 'Devices' dipilih untuk melihat perangkat AP yang akan kita setting.
  7. Agar perangkat AP terhubung pada controller, kita harus meng-adopting perangkat. Sebelum meng-adopting pastikan koneksi antara laptop dengan AP Unifi sudah terhubung dengan cara PING IP Unifi 192.168.1.20. Jika sudah reply tandanya perangkat Unifi siap di-adopting. Jika belum reply kemungkinan IP Unifi bukan 192.168.1.20, saya sarankan AP Unifinya di reset terlebih dahulu. hehe..
  8. Selanjutnya klik MAC Unifi, nanti akan muncul semacam sidebar pada sisi kanan kemudian pilih 'Advanced Options' lalu masukkan username, password dan klik adopt untuk proses adopting
  9. Tunggu beberapa saat hingga status perangkat AP kita menjadi connected dengan Unfi Controller
  10. Klik 'WLAN' untuk setting SSID dan password kemudian klik apply
  11. Klik 'Netwok' pilih 'Using DHCP' kemudian klik apply.
  12. Selama proses penerapan konfiguasi status koneksi device menjadi provisioning. Setelah proses penerapan konfigurasi selesai status device akan berubah kembali menjadi connected dan SSID akan muncul. *jangan lupa hubungkan LAN ke DHCP server ya, agar client dapat IP.
Sekian hasil dokumentasi dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada temen-temen berpengalaman dalam konfigurasi AP Unifi bisa berikan komentar di bawah. Semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar