Jumat, 01 Agustus 2014

Jam Digital RTC DS1307 LCD 2x16

               Liburan semester 4 ini saya tertarik dengan jam digital yang dibuat teman SMA saya. Sudah ada skematik dan source code programnya menggunakan Bascom AVR. Rumah teman saya ada disini. Sebeleumnya saya mengucapkan banyak terima kasih sudah banyak membantu atas ilmu dan hasil karyanya, semoga mendapat balasan oleh Allah SWT, aminn. 

               Berhubung waktu itu saya masih nyoba-nyoba, jadi saya membuat simulasi dulu menggunakan Proteus. Ternyata ada masalah. Tapi kata teman saya program itu tak ada masalah, dan saya googling dapatnya juga hampir sama dengan program milik teman saya. Saya coba compile pada laptop saya, tetap bermasalah. Saya gak tau masalahnya ada di laptop saya atau di programnya. Kemudian saya otak atik ternyata masalahnya pada nama label. Bagi yang penasaran pengen nyobain, silahkan nyoba-nyoba dulu, monggo.

Setelah programnya work, kemudian saya modifikasi. Diantaranya :
  • Saya tambahin tanggal, karena program teman saya hanya mencetak jam saja.
  • Setting tanggal dan jam menggunakan metode UP, DOWN, dan OK dengan cukup menggunakan 3 tobol tersebut.
  • Setiap detik ke-sekian, misal pada detik ke-0 sampai ke-5 tampilan berubah menjadi pesan-pesan singkat. 
               Ternyata membuat jam ini sangat simpel. Yang terpenting pelajari datasheet RTC DS1307 terlebih dahulu agar lebih paham bener. Karena setiap hari, tanggal, bulan, tahun, jam, menit, dan detik mempunyai alamat tersendiri pada DS1307.

               Jam ini juga sangat cocok untuk hadiah pada teman Anda, karena unik dan tulisannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan Anda. 

               Kebetulan sekarang sudah saya rangkai pada komponen atau alat asli meskipun belum saya buatkan PCB sendiri. Tapi, rencananya jika sudah jadi 100% dosen saya siap membayari jam lucu ini. Doakan saja :-). Jika pengen nyobain juga silahkan hubungin saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar