Sabtu, 02 Agustus 2014

Mengenal (awam) Arduino

          Secara singkatnya arduino merupakan uC kembangan dari keluarga AVR. Arduino ini mempunyai banyak macam jenis. Seperti arduino uno, mega, mini, dll. Perbedaan diantara jenis- jenis tersebut setau saya yaitu terletak pada,

  1. Jenis uC yang digunakan
  2. Kapasitas memory tentunya juga berbeda
  3. Arsitektur dari rangkaian arduino
          Misalnya arduino uno menggunakan uC ATmega328. Kapasitas flash memory nya seikar 32KB. Kemudian arduino mega yang menggunakan uC dengan kapasitas yang lebih besar. Untuk arduino uno menurut saya banyak diminati banyak konsumen karena harganya lebih terjangkau. Banyak para newbi belajar menggunakan arduino uno.



          Kemudian yang saya maksud perbedaan arsitektur, arduino ada yang langsung mempunyai komunikasi serial sendiri, dan juga ada yang terpisah dengan board arduinonya. Misalnya yang mempunyai komunikasi serial sendiri seperti arduino uno dan mega. Kalau komunikasi serialnya terpisah contohnya arduino mini, karena ukuran boardnya kecil. Sehingga jika ingin mengupload program atau komunikasi serial dengan PC atau laptop harus menggunakan komunikasi serial dari luar. Misalnya USB to TTL, atau menggunakan MAX232.

          Arduino ini sebenarnya rangkaian biasa, hanya saja lebih mudah dalam penggunaannya. Didalam uC arduino terdapat bootloader agar uC dapat berjalan dan dapat upload program langsung melalui Arduino IDE. Arduino IDE ini merupakan tools keluaran dari arduino sendiri, digunakan untuk membuat program arduino. Dengan tools ini kita semakin mudah membuat program yang kita inginkan. Karena apa ? di dalam arduino IDE mempunyai banyak library-library yang siap pakai. Misalkan, library untuk LCD2x16. Kita tinggal mengikuti langkah pada library tersebut, tinggal menyambungkan kabel, dan selesai. 

          Munggkin itu saja gambaran (awam) sedikit mengenai arduino, jika ingin belajar lebih lanjut silahkan masuk kesini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar