Jumat, 01 Agustus 2014

Memasukkan Program *.HEX Pada uC

USBasp
                  Setelah memiliki sistem minimum, kemudian bagaimana cara memasukkan (upload) program yang kita inginkan untuk uC ?? Jawabannya gampang-gampang sulit. Saya juga masih belajar, baru kenal juga. Yang pasti harus sudah menyiapkan programnya, kemudian di compile yang nantinya menghasilkan file *.hex. Nah, file inilah yang nantinya dimasukkan pada uC. Ada banyak tools-tools yang dapat kita gunakan untuk membuat program. Yang saya ketahui ada CodevisionAVR, Bascom AVR, bisa juga menggunakan bahasa Assembly. Silahkan cari wawasan sendiri mengenai tools-tools tersebut dan semacam yang lain. Yang terpenting adalah kita harus mempunyai dasar struktur pemrograman.

Upload program pada uC juga banyak cara, yang saya ketahui misalnya :

  • Menggunakan downloader, seperti USBasp atau AVRisp
  • Menggunakan komunikasi serial port max232
  • Menggunakan port paralel komputer
  • Dll
                  Yang saya gunakan hingga sekarang menggunakan USBasp. Saya peroleh dari pembelian, seharga 45rb (dulu banget) kalau sekarang sikitar 65rb  keatas. Yang pengen membuat sendiri, monggo, banyak tutorial yang beredar di internet. 


                  Cara menggunakan USBasp ini cukup mudah. Tinggal hubungkan MOSI-MOSI, SCK-SCK, RESET-RESET, MISO-MISO, GND-GND, kalau catu daya sistem minimumnya pengen ambil dari USBasp tinggal hubungkan VCC-VCC.

                  Setelah tersambung semua, saya menggunakan bantuan program Khazama AVR Programmer untuk mengupload *.hex ke uC. Tinggal load file *.hex kemudian write ke flash, kalau ada pesan "write flash oke" berarti upload programnya berhasil.

                  Jangan lupa, USBasp membutuhkan driver supaya work. Saya menggunakan OS Windows 7. Banyak driver USBasp yang beredar di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar