Jumat, 01 Agustus 2014

Sistem Minimum Mikrokontroler (uC)

              Asslamualaikum Wr Wb. Pada kesempatan ini saya akan becerita sedikit mengenai sistem minimum mikrokontroler. Keluarga mikrokontroler yang saya ketahui yaitu keluarga MCS51 dan AVR. Sebenarnya fungsinya sama saja, mungkin hanya fitur yang membedakannya. Nanti bisa saya ceritakan lebih lanjut  mengenai keluarga mikrokontroler. 

              Sistem minimum yang saya buat ini menggunakan mikrokontroler (uC) keluarga AVR, ATMega8. Alasannya dulu saya masih belajar pertama kali mengenai uC. ATMega8 juga murah dibanding keluarga AVR yang lain. Kemudian, apa sih sistem minimum itu ??

              Menurut saya, sistem minimum itu rangkaian dasar yang dibutuhkan agar uC kita dapat bekerja. Rangkaiannya simpel, utamanya hanya terdiri dari uC, Kristal, Kapasitor, dan tombol untuk reset. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini. 




              Bagi anda yang mau silahkan download skematiknya disini, dan board pcbnya  disini, atau cari di google juga banyak. Sekian cerita tentang sistem minimum uC. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar